Label 1

AGRONOMI AGROTEKNOLOGI AGRIBISNIS


Sering sekali kita mendengar kata Agronomi, Agroteknologi, dan Agribisnis.Kata itu sering kita dengar di ruang lingkup pertanian, tidak jarang orang salah mengartikan setiap kata itu mungkin ada juga yang terbalik dalam menafsirkan arti dari setiap masing-masing kata
Di artikel kali ini kita akan membahas apa saja perbedaan kata Agronomi, Agroteknnologi, Agribisnis supaya anda tidak salah dalam menafsirkannya:

A. Agronomi

Agronomi berasal dari kata latin yaitu Agros yang berarti kebun dan Nomos  yang berarti pengolahan. Agronomi berarti adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan tanaman pertanian dengan lingkungan tumbuhnya sehingga di peroleh produksi yang maksimal dan berkelanjutan.
Agromoni mencakup kegiatan di bidang genetika tumbuhan, fisiologi tumbuhan, meteorologi, dan ilmu tanah. Serta aplikasi kombinasi ilmu biologi, genetika kimia, ekonomi, ekologi, topografi, dan kebijakan ekonomi-politik.

Prospek kerja bidang Agronomi 

 

1. Lembaga Pemerintahan

Lulusa agronomi banyak tersebar di berbagai lembaga, seperti Bappeda, Dinas Tata Kota, Kehutanan, Perkebunana, atau lembaga penelitian yang berhubungan dengan pertanian.

2. Bidang Pendidikan

Dosen adalah salah satu jenis profesi yang cukup baik dengan banyak bidang yang di geluti atau bidang yang akan di ajari yang tentunya seorang dosen harus memiliki ilmu dan penerapan yang dapat di bagikan kepada mahasiswanya dan bagaimana caranya memperkenalkan dunia pertanian itu seperti apa .

3. Penelitian atau Lembaga Riset

Bagi anda yang lulusan jurusan Agronomi anda dapat menjadi seorang peneliti pada bagian apapun. Untuk mencari tahu permasalahan yang terjadi ataupun menjadi sumber utama dalam suatu rancangan yang baru untuk di ketahui. Hal ini meruppakan bagaian yang sangat penting tentunya bagi anda.

4. Pengusaha

Lulusan agronomi juga dapat berkerja sebagai pengusaha dalam hal yang bersangkutan dengan agronomi. Misalnya memproduksi beras, jagung dan tamana lainnya.


B. Agroteknologi

Mata kuliah yang mempelajari bagaimana cara menguasai teknologi dalam hasil pertanian dengan melihat efsiensi dan kualitas.Cabang pertanian ini merupakan salah satu ilmu terapan yang berbasis bilogi/botani yang mempelajari pengaruh dan manipulasi berbagai komponen biotil (hiduo) dan abiotik (tidak hidup). Prodi agroteknologi ini mempelajari dua komponen yaitu tanaman dan tanah, di mana keduanya saling berhubungan.

Prospek kerja bidang Agroteknologi 

 

1. Pengelola Perkebunan

Menjadi pengelola sebuah perkebunan juga dapat menjadikan karir untuk lulusan jurusan Agroteknologi. Tugas dari pengelola perkebunan adalah orang yang bertanggung jawab mengurus perkebunan tersebut.

2. Konsultan Pertanian

Agroteknologi bisa menjadi seorang konsultan (pakar runding) di bidang pertanian itu sendiri. Tugas seorang konsultan tersebut memberikan nasihat ataupun saran-saran oada industri pertanian.

3. Perusahaan Pembenihan

Berkerja pada perusahaan pembenihan atau pembibitan merupakan salah satu prospek kerja yang menarik dan menjanjikan bagi seorang yang lulusan Agroteknologi.

4. Perusahaan Perkebunan

Selain menjadi pengelola perkebunan anda juga bisa berkerja pada perusahaan perkebuanan. Tugas nya adalah meneliti, merawat dan melakukan inovasi-inovasi pada tanaman.

5.Perusahaan Pupuk

 

6. Perusahaan Pestisida 



C. Agribisnis

Agribisnis di serap dari bahasa Inggris Agribusiness yang merupakan lakuran dari Agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Agribisnis atau usaha nniaga tani adalah bisnis yang berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun hilir.
Jurusan ini  mempelajari semua aspek tentang budidaya dan pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, pemasaran produk, serta kewirausahaan.

Prospek kerja di bidang Agribisnis 

 

1. Tenaga Pendidikan

Buat anda yang kuliah di jurusan Agribisnis bisa memiliki karis sebagai tenaga pendidik yang ahli di bidang agribisnis.

2. Peneliti 

Salah satu karir yang bisa di pertimbangkan seorang yang lulusan di jurusan Agribisnis adalah menjadi seorang peneliti yang di butuhkan negara.

3. Pekerja Pemerintah 

Anda yang lulusan Aribisnis bisa menjadi pegawai negeri yang berkerja di instansi pemerintah seperti petugas dinas pertanian dan lainnya. Masa depan dan gaji yang di tawarkan tentusaja berpariasi tergantung tingkatan seperti pegawai negeri tingkat I hingga tingkat IV

4. Konsultan Pertanian

Anda bisa menjadi seorang konsultan pertanian yang bisa memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat luas terkait ilmu agribisnis.

5. Pengusaha 

Anda juga bisa menjadi seorang pengusaha berwawasan dan memiliki koneksi yang luas. Anda juga bisa berbisnis apa saja bermodalkan ilmu yang anda punya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AGRONOMI AGROTEKNOLOGI AGRIBISNIS "

Posting Komentar