Label 1

ARANG SEKAM SERBUK KAYU

 



Manfaat arang bagi media tanam anyara lain dapat menggemburkan tanah, membantu tanah untuk meningkatkan daya serap dan daya ikat terhadap air. Arang juga bisa berfungsi sebagai tempat atau rumah bagi mikroba untuk berkembang. Arang bisa menekan pertumbuhan patogen di dalam tanah, mengikuti unsur hara, menjaga sirkulasi udara di dalam media tanam dan berbagai manfaat penting lainnya. Diartikel kali inii kita akan membahas bagaimana cara membuat arang sekam menggunakan serbuk kayu:


Alat dan Bahan:

1. Serbuk kayu yang akan kita jadikan sebagai arang.
2. Jaring kawat yang berdiameter kecil yang sudah di gulung dan di ikat menggunakan kawat


Cara Pembuatan:

1. membuat lubang untuk meletakkan jaring kawat, buatlah lubang sedalam sekitar 5cm agar jaring kawatnya bisa  berdiri
2. Setelah lubang nya siap kita akanmemasukkan jaring kawat ke dalam lubang yang sudah kita buat tadi dan tutup kembali dengan menggunakana tanah sampai kawat nya  berdiri tegak.
3. Taburkan serbuk kayunya melingkar mengelilingi jaring kawat.
4. Masukkan bara api ke dalam jaring kawat yang melingkar tersebut, gunakan sekop agar lebih mudah memasukkan bara api kedalam kawat.
5. Setelah apinya menyala ,selanjutnya kita tunggu sampai serbuk kayunya terbakar secara merata sekitar 3-4 jam lamanya
6. Sebaikknya apinya sering di kontrol karena kalau apinya terlalu besar serbuk kayu nya akan menjadi abu dan itu tidak bagus untuk campuran media tanam
7. Setelah serbuk kayu sudah rata menjadi arang langkah terakhir yang kita lakukan adalah menyiram nya dengan air bekas cucian beras untuk memadamkan api dari serbuk kayu, pastikan di siram secara rata.
Salah satu manfaat menyiram dengan cucian air beras adalah di air cucian beras terdapat bakteri asam laktat yang sangat bagus untuk membantu menguraikan bahan bahan organik di dalam tanah.



SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT
TERIMAKASIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ARANG SEKAM SERBUK KAYU "

Posting Komentar