Label 1

MEDIA TANAM COCOPEAT

MEDIA TANAM COCOPEAT (sabut kelapa)



Media tanam organik Cocopeat ini memiliki kualitas tak kalah bagusnya dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang di buat menggunakan sabut kelapa yang paling mudah di temukan di negara negara tropis dan kepulauan seperti Indonesia.

Manfaat yang dapat di dapat dengan menggnakan Cocopeat sebagai media tanam. Cocopeat juga banyak di pilih sebagai pengganti tanah , Cocopeat memiliki sifat yang mudah menyerap air, ia juga memiliki pori-pori yang memudahkan pertukaran udara dan masuknya sinar matahari. Trichoderma molds sejenis enzim dari jamur dapat mengurangi penyakit dalam tanah dan menjaga tanah tetap gembur dan subur.  Setiap butir kelapa menganung 75 persen serat. Sabut kelapa mengandung sebnyawa kimia seperti selulosa, ligning, arang, tannin dan potasium. Namun, unsur hara yang ada pada tanah tidak di miliki oleh Cocopeat oleh karenanya Cocopeat memerlukan pupuk sebagai penyubur.

Dalam bidang pertanian dan hortikultura, cocopeat di manfaatkan sebagai media tanam budidaya termasuk media tanam hidroponik sebagai pengganti media tanah. Penambahan kompos atau pupuk organik serta sekam akan menjadi alternatif campuran media tanam yang baik.
Adapun cara membuat Cococpeat bisa di lakukan di rumahsebagai berikut:

Bahan yang di gunakan :

1. Sabut kelapa
2. Air

Cara pembuatan:

1. Basahi terlebih dahulu sabut kelapa dengan menggunakan air agar tidak terlalu keras saat akan di potong
2. Setelah di basahi potonglah sabut kelapa menjadi beberapa bagian dan jangan terlalu besar atau sedang saja
3. Setelah di potong kecil-kecil sabut kelapanya di jemur terlebih dahulu agar lebih mudah untuk di haluskan
4. Setelah kering , haluskan sabut kelapa bisa dengan menggunakan belender, di tumbuk atau lainnya
5. Saring sabut kelapa yang sudah di haluskan tadi agar lebih halus lagi, Sisa penyaringan sabut kelapa bisa di haluskan lagi atau di potonng-potong lagi agar bisa di gunakan semua tanpa ada yang terbuang.



SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT
TERIMAKSIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEDIA TANAM COCOPEAT "

Posting Komentar