Label 1

JENIS TANAMAN DAN CARA MENANAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK HIDROPONIK

JENIS TANAMAN DAN CARA MENANAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK HIDROPONIK 



Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuha air pada tanaman hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.
Munculnya teknik bertanam secara hidropponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman. Dimanapun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabils nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. 
Sistem hidroponik bisa digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan yang semakin hari semakin sempit. Diharapkan hidroponik mampu menjadi manfaaat untuk masa depan karena mampu diberdayakan di lahan yang sempit.

Namun memang tidak semua jenis tanaman yang dapat di tanam dengan melakukan teknik Hidroponik. Bagi anda yang tertarik mencoba, ada baiknya mengetahui tanaman apa yang bisa di tanam dengan menggunakan teknk hidroponik.

Jenis Tanaman Hidroponik Sayur yang Mudah Ditanam

Brokoli


Tanaman yang mirip dengan bunga kol ini umumnya banyak tumbuh di dataran tinggi. Namun jenis tanaman hijau yang satu ini bisa dengan mudah ditanam di dataran rendah dengan menggunakan teknik hidroponik. Bagi anda yang tertarik dengan bisnis hidroponik, brokoli bisa menjadi salahsatu rekomendasi.

Seledri


Seledri juga termasuk jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam dan cocok untuk pemula. Jenis sayuran ini bisa ditanam dengan menggunakan sistem sumbu atau wick dalam teknik hidropoonik. Seledri juga di tanam dengan teknik lain, yaitu rakit atau apung.

Sawi Hijau





Jenis tanaman yang satu ini dapat tumbuh dimanapun, karena jenis tanaman sawi hijau ini dapat beradaptasi dengan mudah di berbagai media tanaman dan lingkungan. Sawi juga termasuk tanaman yang laku di pasaran, dengan begitu tamanan ini sangat cocok di tanam dengan metode hidroponik.


Bayam


Bayam termasuk salah satu sayuran yang dapat tumbuh di mana saja, termasuk dengan teknik hidroponik. Dengan teknik ini tanaman bayam akan tumbuh lebih cepat  sehingga tidak perlu menunggu lama untuk memanennya,

Cabai





Cabai juga merupakan jenis tanaman yang dapat di tanam dengan melakukan teknik hidroponik. Cabai merupakan jenis tanaman yang diminati masyarakat, tidak ada salahnya jika anda mencoba menanm sendiri di rumah dengan menggunakan teknik Hidroponik 



Teknik/Cara Menanam dengan Menggunakan Media Air (hidroponik)

1. NFT (Nutrient Film Technique)


Cara ini adalah yang paling populer dan yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk menanam dengan teknik hidroponik

Cara Menanam:

1. Siapkan beberapa talang atau ppipa dan pompa
2. Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya . Patikan jarak satu lubang dengan lubang yang lain sama.
3. Susun pipa yang akan menjadi tempat menanam tanaman.
4. Siapkan penampung pada ujung pipa yan lebih rendah.
5. Pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal.

Cara ini memiliki konsep dasar menanam akar tanaman pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, pksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

2. Wick System


Jenis menanam dengan cara ini juga tidak kalah terkenal. cara ini disukai karena pembuatannya yang mudah serta bahan bahan yang di perlukan mudah di dapatkan serta murah.

Cara Menanam 

1.Potong botol bekas menjadi dua bagiam 
2. Lubangi tutup botol
3. Gabungkan kedua bagian botol dengan cara membalik bagian moncong botol ke bawah
4.Pasang sumbu kompor atau kain flanel pada lubang di tutup botol , pastikan sumbu atau kain bisa menyerap nutrisi.
5, tanam bibit tanaman pada bagian atas botol dengan tanah secukupnya.
6. isi bagian botol bawah dengan air nutrisi 


SEMOGA BERMANFAAT 
TERIMAKASIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " JENIS TANAMAN DAN CARA MENANAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK HIDROPONIK "

Posting Komentar