Label 1

CARA MENANAM KENTANG DENGAN BENAR DAN ANTI GAGAL

CARA MENANAM KENTANG DENGAN BENAR DAN ANTI GAGAL


Kentang termasuk keluarga umbi umbian yang sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Tanamam ini termasuk jenis tanamam yang membutuhkan lahan yang subur,  kentang dapat tumbuh optimal di ketinggian 1600-300 DPL.
Berikut adalah tahapan budidayanya :

Tahap Persiapan Lahan  

1. Cangkul tanah agar subur dan diamkan selama 3 hari dan berikan pupuk kompos dan diamkan selama 7 hari
2. Buat bedengan dengan tinggi 30 cm dan lebar 70 cm dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan, dan jarak bedengan 40 cm.
3. Buat lubang tanam dengan jarak antar lubang 20-25 cm.

Tahap Penanaman

Pada tahap ini anda harus memilih bibit kentang yang berkualitas dan sehat, ciri bibit kentang yang baik yaitu seukuran telur bebek atau telur ayam dengan berat bibit 30-80 gram dan tunasnya berukuran 2-3 atau sudah memiliki 3-5 tunas setiap bibit kentang.
Kemudian tanam kentang sekitar satu minggu setelah lahan di siapkan, perlu diingat jangan sampai kentang terlalu dalam di dalam tanah, tanam kentang sedalam 8 cm di bawah permukaan tanah. Letakkan bibit kentang menjulang keatas permukaan tanah sehingga yang terlihat adalah tunas nya saja

Tahap Perawatan

Tahaoan yang satu ini  merupakan tahapan yang cukup rumit, perlu anda ketahui bahwa bunga yang tumbuh pada tanamam kentang harus segera dibuang dan oemberian air idak boleh berlebihan. Untuk menghasilkan panen yang optimal lakukan pemupukan setiap 20 hari sekali, dosis pemupukannya yaitu:
UREA   :500 KG/HEKTAR
ZA        : 150 KG/HEKTAR
KCL      : 100 KG/HEKTAR
SP 36     : 400 KG/HEKTAR

Pmbersihan rumput juga sangat penting untuk dilakukan, rumput dan berbagai hewan penggangu lainnya harus di singkirkan dari tanaman kentang agar dapat tumbuh maksimal. Hama yang biasa menyerang tanaman kentang yaitu ulat grayak ( spodoptera litura), kutu daun dan thrips sedangkan penyakit yang biasa menyerang  layu bakteri, busuk daun, dan busuk umbi.
berikut bahan aktif untuk mengatasi hama pada tanaman kentang





Tahap Pemanenan

Yang harus diperhatikan pada tahap ini adalah jangan terlalu dini atau terlalu tua saat memanen kentang, biasanya kentang bisa di panen saat umur 85 hari setelah tanam atau amati jika warna hijau daunnya sudah memudar atau mengering.







SEMOGA INFORMASI INI DAPAT BERMANFAAT
SELAMAT MENCOBA
TERIMAKASIH 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENANAM KENTANG DENGAN BENAR DAN ANTI GAGAL "

Posting Komentar