Label 1

KESUBURAN TANAH | Unsur Hara Dan Kebutuhan Hara Tanaman



1. Unsur Hara Essensial


Kesuburan tanah adalah potensi tanah untuk menyediakan unsur hara dalam jumlah yang cukup, dalam bentuk tersedia serta seimbang untuk menjamin pertumbuhan tanaman yang maksimal. Namun demikian, tidak dapat di anggap bahwa tanah yang subur adalah juga produktif karena status kesuburan tanah tidak memberikan indikasi tentang kecukupan faktor pertumbuhan lainnya. Kesuburan tanah juga tidak dapat di gunakan sebagai dasar dalam menilai pengaruh buruk yang dapat terjadi akibat genangan, hama, penyakit, dan lingkungan lainnya yang bersifat negatif terhadap pertumbuhan tanaman. Komponen penting kesuburan tanah adalah unsur hara essensial yang dapat diserap tanaman.

Adapun kriteria unsur hara essensial adalah sebagai berikut:

A. Kekurangan suatu unsur menyebabkan tumbuhan tidak mungkin menyempurnakan vase hidup vegetatif dan reproduktifnya.
B. Gejala kekurangan dari unsur hanya dapat diperbaiki dengan memberikan unsur bersangkutan.
C. Unsur berfungsi langsung dalam nutrisi (hara) tanaman, terlepas dari kemungkinan berpengaruh memperbaiki lingkungan mikrobiologi atau kimia tanah atau medium tumbuhan.

Dalam penggolongan umum, unsur hara di golongkan menjadi dua yaitu : unsur hara makro dan unsur hara mikro. Penggolongan tersebut di dasarkan atas jumlah relatif unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan yang normal. Unsur hara makro diperlukan tanaman dalam jumlah besar, karena unsur hara makro merupakan penyusun struktur dan protoplasma jaringan tanaman. Sebaliknya unsur hara mikro di perlukan tanaman dalam jumlah sedikit. Unsur hara mikro berperan penting dalam reaksi enzimatik, oksidasi-redukasi, dan reaksi-reaksi yang serupa dalam tanaman.

Kebanyakan unsur hara essensial bagi tanaman berasal dari fraksi mineral dan bahan organik. Unsur hara C, H, dan O diambil tanaman dari udara dan air. Nitrogen, diambil tanaman dalam bentuk N2 dari udara oleh tanaman leguminosae melalui mikroorganisme penambat N2, sedangkan tanaman lain memperoleh N dari tanah.

2. Kebutuhan Hara Tanaman 


Apakah suatu tanah di golongkan subur atau tidak tergantung pada kapasitas tanah untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman. Kebutuhan hara tanaman didefinisikan sebagai jumlah unsur hara yang dapat diserap oleh suatu tanaman untuk mendukung produksi optimum.

Kadang jumlah hara yang ada dalam tanaman pada tingkat produksi yang tinggi digunakan untuk menggambarkan kebutuhan hara. Pendekatan ini dapat memberikan angka yang lebih tinggi dari yang sesungguhnya, karena pada tanaman yang tumbuh pada tinggkat produksi yang tinggi seringkali hara di berikan secara berlebihan dari yang di perlukan, sehinga penyerapan hara dapat berlebihan. Penyerapan unsur hara dalam jumlah yang cukup besar dari yang diperlukan disebut konsumsi mewah. Keadaan ini menyebabkan pmborosan pupuk karena tambahan unsur hara tidak lagi meningkatkan produksi tetapi terbawa percuma dalam produksi yang dipanen. Selain iti, pemborosan hara terjadi karena unsur hara masih tinggal dalam tanah sesudah panen atau dapat hilang sesudah pencucian. Pengaruh yang lebih buruk lagi dari hara yang berlebihan, adalah menurunnya hasil tanaman akibat pengaruh meracun dari hara.

Kebutuhan tanaman akan setiap nsur hara tergantung pada ketersediaan dari semua unsur hara lainnya dalam tanah. Kenyataan membuktikan, bahwa hasil maksimum dapat di capai bila semua kondisi pertumbuhan termasuk penyediaan hara berada dalam kondisi optimal. Kondisi hara di katakan optimal , bila semua unsur hara tersedia dalam jumlah yang tepat, karena kekurangan ataupun kelebihan salah satu unsur hara akan dapat mengurangi efesiensi dari hara lainnya.

Interaksi unsur hara berpengaruh terhadap penyerapan dan penggunaan satu atau lebih unsutr hara oleh tanaman. Apabila penyediaan Ca melimpah, penyerapan K dan Mg dapat tertekan sehingga kurang tersedia bagi tanaman. Ineraksi antara suatu unsur hara dapat mengurangi efesiensi penggunaan unsur hara lainnya, disebut antagonisme.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KESUBURAN TANAH | Unsur Hara Dan Kebutuhan Hara Tanaman "

Posting Komentar